Pelatihan Lainnya

blog-img

Pelatihan Lainnya

Jenis Pelatihan yang dibebankan pada APBN melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Balai K3 Bandung Kementerian Ketenagakerjaan yaitu :

Pelatihan Higiene Industri di Tempat Kerja

Higiene industri merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengenalan, evaluasi dan pengendalian terhadap timbulnya risiko kerja dalam kegiatan  industri dan bahaya yang berasal dari proses industri. Tujuan dari higiene industri sendiri adalah untuk melindungi tenaga kerja dari berbagai risiko akibat lingkungan kerjanya diantaranya melalui pengenalan, evaluasi, pengendalian dan melakukan tindakan perbaikan yang mungkin dapat dilakukan. Melihat risiko bagi tenaga kerja yang mungkin dihadapi di lingkungan kerjanya, maka perlu adanya personil di lingkungan industri yang mengerti tentang higiene industri dan menerapkannya di lingkungan kerjanya.

Sasaran dari kegiatan pelatihan ini sebanyak 30 orang tenaga kerja yang bekerja di perusahaan pada wilayah kerja Balai K3 Bandung.

Pelatihan K3 bagi UMKM

Dalam rangka perlindungan terhadap tenaga kerja dan upaya peningkatan produktivitas kerja di sektor industri kecil dan menengah maka dibutuhkan suatu usaha Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerja. Pemahaman terhadap risiko kecelakaan kerja dan kemungkinan gangguan kesehatan/penyakit akibat kerja akan membantu mengurangi kerugian baik bagi pekerja maupun pengusaha. Peningkatan skill, knowledge dan attitude terhadap prinsip minimalisasi potensi bahaya di tempat kerja dapat dikembangkan melalui dukungan semua pihak baik pihak UMKM / pengelola UMKM maupun pihak tenaga kerja. Sasaran dari kegiatan ini sebanyak 30 orang tenaga kerja yang bekerja di sektor UMKM.

Pelatihan Pengaruh Bahan Kimia terhadap Tenaga Kerja

 

Di dalam industri ada beberapa faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan tenaga kerja, salah satunya pemaparan bahan kimia beracun. Beberapa langkah yang harus ditempuh dalam penanganan bahan kimia berbahaya meliputi pengatasan, penyimpanan, keselamatan di laboratorium, kesehatan pribadi para pekerja dan pelatihan.  Melalui pelatihan yang dilanjutkan dengan pengelolaan yang tepat, diharapkan pihak perusahaan dapat menciptakan suasana kerja yang aman, nyaman, sehat dan selamat, sehingga tenaga kerja dapat bekerja secara efisien, efektif dan produktif.

Sasaran kegiatan sebanyak 30 orang tenaga kerja yang bekerja di perusahaan menggunakan bahan kimia di wilayah kerja Balai K3 Bandung.

Untuk pendaftaran via Online dapat diklik DISINI